Bibir Mulia Bukan Karena Bentuknya

~※Bibir Mulia Bukan Karena Bentuknya※~

Bismillahirrahmanirrahiim..
Assallamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

~※::~.::※::※::~::※~
Sahabat saudaraku fillah..yang di Rahmati oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.Berhati-hatilah kita dalam bicara dan jagalah lidah,karena perkataan yang keluar dari bibir,ibarat panah yang lepas dari busurnya,ibarat peluru yang terlontar dari larasnya,dan tidak akan mampu di kejar .

Demikian pula kata-kata yang keluar dari bibir tidak akan mampu ditarik.’Bibir jadi mulia bukan karena bentuknya,Tapi bibir menjadi mulia karena senantiasa menjaga perkataanya dengan baik.

Maka berbahagialah orang-orang yang senantiasa menjaga lisannya atau diam, dan Bermanfaat terhadap setiap orang yang menyimaknya”.Itulah sepenggal untaian nasehat dari guru kita ‘KH.Abdullah Gymnastiar’ dalam sebuah tausiahnya, yang perlu kita renungkan bersama-sama,dalam menyikapi setiap perkataan kita.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :”Barangsiapa yang Beriman kepada ALLAH dan hari Kiamat,Maka hendaklah ia Berkata yang Baik,atau (kalau tidak bisa) hendaknya ia Diam.”(HR. Bukhari dan Muslim).

Diam adalah emas meski demikian barkata-kata yang baik dan manfaat adalah berlian,oleh karena itu Islam telah mengajarkan pada kita umatnya,agar senantiasa menata ucapan dan berkata-kata yang baik serta santun berucap.

Sehingga kita bisa meraih kemuliaan dan keberuntungan dari lisan pembicaraan kita,dan meraih keselamatan dari sikap diam.Lisan yang terucap kata-kata padasarnya berasal dari lidah yang kecil bentuknya namun sangat besar peranannya.

Oleh karena itu seorang Muslim yang bijak, hendaknya senantiasa memperhatikan ketika mengeluarkan suatu perkataan, sehingga yang terucapkan mendatangkan manfaat, baik bagi dirinya sendiri maupun manfaat terhadap orang lain.

Karena kata yang keluar melalui lidah, bisa juga mewakili identitas seseorang,maka hendaknya bila mengelurkan ucapan,ia senantiasa memilih kata-kata yang tepat,dan mengavaluasi perkataannya,agar terhidar dan selamat dari lisannya dari hal-hal yang merugikan.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :”Barangsiapa yang Menahan lidahnya (menjaga lisannya) pasti ALLAH menutup Auratnya (aibnya)..”(HR.Ibnu Dunya).

Sesungguhnya kata-kata yang keluar dari bibir manusia,adalah berasal dari segumpal daging yang dinamakan Hati,segala sesuatu dalam hati akan disampaikan lewat lisan,jika hati bersih maka sudah dipastikan pembicaraan yang terucap pun bermanfaat.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :"Ketahuilah bahwa dalam Jasad ada segumpal daging, jika ia Baik maka seluruh jasad menjadi Baik, tetapi jika ia Rusak maka seluruh jasad akan menjadi Rusak, ketahuilah segumpal daging itu adalah Hati”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Oleh karena itu hendaklah selalu menjaga kebersihan hati,agar selalu memandang setiap permasalahan dengan jernih,dan lisan pun ikut bersih dan terjaga.Umat Islam adalah semulia-mulia umat bagi pandangan Allah Subhanahu wa Ta’ala,dan sangat luhur nilai-nilai ajarannya.

Kita wajib bicara dan berkata baik,terutama untuk menunjukkan Kebaikan,dan menjelaskan kebenaran serta amar ma’ruf nahi mungkar,ini adalah sikap mulia,bahkan jika ditinggalkan termasuk kesalahan dan pelanggaran.

Karena seorang Muslim yang Mendiamkan kebenaran,dan membiarkan kebathilan padasarnya akan berdosa, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, menganjurkan sekaligus memerintahkan kita umatnya,baik kaum laki-laki maupun kaum wanita untuk menjalankan amar ma’ruf nahi mungkar.

Allah Subhanahu wa Ta’ala Berfirman :“Kalian (Umat Islam)adalah umat yan terbaik yang dikeluarkan (dilahirkan) untuk manusia, kalian menyeruh kepada yang amar ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, dan kalian Beriman kepada ALLAH”,(Q.S. Ali Imran : 10).

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :“Barangsiapa Menunjukkan kepada Kebaikan. Maka ia memperoleh Pahala yang sama seperti yang melakukan atau mengamalkan Kebaikan itu.” (H.R. Muslim,Abu Dawud dan At Tirmidzi ).

( ♥ Semoga Bermanfaat & silahkan di share ♥ )

#BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILLAHI#
.... Subhanallah Wabihamdihi Subhanallah Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa atuubu Ilaik ....

Sumber : http://www.facebook.com/MutiaraAirMataMuslimah
..•*´`*•.♥♥.•*´`'•.¸*¤* ¸.•'´´*•.♥♥.•*´`*•.